Maharani, Ni Putu Radha (2020) TINGKAT STRES SISWA DALAM MENGIKUTI FULL DAY SCHOOL. Bachelor (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN WIRA MEDIKA BALI.
Text (FULL TEXT ARTIKEL)
Ni Putu Radha Maharani.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (291kB) |
|
Text (FULL TEXT NASKAH LENGKAP)
2. NASKAH LITERATURE REVIEW.doc - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (101kB) |
Abstract
Latar belakang: Sistem full day school menuntut siswa untuk selalu aktif dan fresh pada setiap proses sekolah yang tidak jarang membuat mereka menjadi tertekan dan terbebani, sehingga siswa cenderung mengalami stress akademik. Tujuan: Literature review ini bertujuan untuk menganalisa hasil penelitian terkait yang berfokus pada Tingkat Stres Siswa dalam Mengikuti Full Day School. Metode: Metode yang digunakan dalam literatur review ini menggunakan strategi secara komprehensif, seperti pencarian artikel dalam database jurnal penelitian. Pencarian database yang digunakan meliputi ScienceDirect, Pubmed, Google Scholar, Portal Garuda, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI). Kata kunci yang digunakan dalam pencarian artikel yaitu “tingkat stres siswa selama menjalani full day school”, “impact full day school for students”,” full day school, stres level”. Terdapat 16 artikel yang diperoleh dan 6 artikel terpilih yang dianalisis melalui analisis berdasarkan kesesuaian tujuan dan topik serta yang terpilih berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil: Hasil penelaahan menemukan bahwa full day school cenderung membuat siswa mengalami kondisi stres dalam kategori sedang selama mengikuti sistem full day school yang dapat disebabkan karena ketidaksiapan fisik maupun psikis anak. Kesimpulan: Sistem full day school cenderung membuat siswa mengalami kondisi stres yang dapat disebabkan karena ketidaksiapan fisik maupun psikis anak dalam mengikuti proses belajar dengan waktu yang cukup lama. Bagi institusi diharapkan memperhatikan kesehatan fisik dan psikis siswa selama proses belajar mengajar dengan menerapkan full day school, diperlukan koordinasi dengan orang tua / wali siswa agar selalu memberikan pendampingan dan dukungan serta memfasilitasi bagi siswa agar tetap semangat mengikuti proses belajar mengajar disekolah.
Item Type: | Thesis (Bachelor (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tingkat stres siswa selama menjalani full day school, impact full day school for students, full day school, stres level. |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Sarjana > Keperawatan |
Depositing User: | Putu Mega |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 14:13 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 14:13 |
URI: | http://repository.stikeswiramedika.ac.id/id/eprint/40 |
Actions (login required)
View Item |