PENGGUNAAN GADGET DAN PENURUNAN KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK USIA SEKOLAH

Sanjiwani, Ni Putu Wahyu (2020) PENGGUNAAN GADGET DAN PENURUNAN KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK USIA SEKOLAH. Bachelor (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN WIRA MEDIKA BALI.

[img] Text (FULL TEXT ARTIKEL)
Ni Putu Wahyu Sanjiwani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (198kB)
[img] Text (FULL TEXT NASKAH LENGKAP)
NASKAH LITERATURE REVIEW.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang : Gadget merupakan barang canggih yang diciptakan dengan berbagai aplikasi yang dapat menyajikan berbagai media berita, jejaring sosial bahkan hiburan. Penggunaan gadget yang berlebihan pada anak usia sekolah terkadang sering menimbulkan masalah pada proses belajar. penggunaan gadget berdampak pada penurunan konsentrasi pada anak dan dapat memberikan dampak negative terhadap tumbuh kembang anak yang akan mengakibatkan anak susah diajak berkomunikasi, kurangnya respon pada saat orang tua mengajak berbicara dan saat di sekolah anak kurang aktif dalam mengikuti pelajaran. Tujuan Penelitian : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mereview literature terkait penggunaan gadget dan penurunan konsentrasi belajar pada anak usia sekolah. Metode : penelaahan ini dilakukan dengan metode review dari hasil penelitian yang berasal dari media elektronik seperti NCBI- Pubmed, Google scholar, Sage Publication, Indian Journal, DOAJ (Directory of Open Access Journal) Cambridge Journal, ARC Journal yang dipublikasikan mulai tahun 2015- 2020 dengan kata kunci penggunaan gadget, konsentrasi belajar, anak usia sekolah. jumlah literature yang di peroleh sebanyak 10 artikel dan 8 diantaranya memenuhi kriteria. Artikel di peroleh dengan artikel asli (full text) sehingga data yang disajikan lengkap dan mudah dalam penelaahan penelitian. Hasil : Hasil penelaahan dari literature review ini didapatkan bahwa yang menghambat konsentrasi belajar salah satunya yaitu penggunaan gadget yang berlebihan pada anak usia sekolah. Kesimpulan : Hasil review dari 8 jurnal didapatkan bahwa Penggunaan gadget berpengaruh terhadap hasil belajar siswa diperoleh dari penelitian yang telah dilaksanakan Hal ini berarti akan berpengaruh pada hasil belajar siswa dan akan menjadikan masalah dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Penggunaan gadget, Konsentrasi belajar, Anak usia sekolah
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Sarjana > Keperawatan
Depositing User: Putu Mega
Date Deposited: 23 Jun 2021 00:24
Last Modified: 23 Jun 2021 00:24
URI: http://repository.stikeswiramedika.ac.id/id/eprint/85

Actions (login required)

View Item View Item