Penerapan Perilaku Caring Perawat terhadap Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan di Ruang Rawat Inap Kelas III RSUD Mangusada Kabupaten Badung

Ayu, Apsari Penerapan Perilaku Caring Perawat terhadap Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan di Ruang Rawat Inap Kelas III RSUD Mangusada Kabupaten Badung.

[img] Text (Penerapan Perilaku Caring Perawat terhadap Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan di Ruang Rawat Inap Kelas III RSUD Mangusada Kabupaten Badung)
Penerapan Perilaku Caring Perawat terhadap Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan di Ruang Rawat Inap Kelas III RSUD Mangusada Kabupaten Badung.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (260kB)

Abstract

Pendahuluan: Data survei kepuasan pasien BPJS menunjukkan bahwa masih adanya keluhan pasien terhadap pelayanan yang didapatkan, khususnya pelayanan keperawatan. Pelayanan keperawatan yang dimaksud, dimana perawat dalam memberikan asuhan keperawatan mampu menerapkan perilaku caring sebagai salah satu pendekatan dinamis dalam memenuhi kebutuhan pasien. Perilaku caring perawat sangat penting dalam pelayanan keperawatan karena akan meningkatkan kepuasan pasien terhadap pelayanan yang didapatkan. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien BPJS Kesehatan di ruang rawat inap kelas III. Metode: Desain penelitian menggunakan pendekatan Cross Sectional. Sampel yang digunakan sebanyak 133 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah Probability Sampling yaitu Proportionate Stratified Random Sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner Caring Behavior Inventory (CBI) dan kuesioner kepuasan pasien. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar perilaku caring perawat adalah cukup yaitu sebanyak 125 orang (94,0%) dan kepuasan pasien sebagian besar adalah puas yaitu sebanyak 130 orang (97,7%). Hasil analisis dengan menggunakan uji rank spearman menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien dengan p value 0,001 dengan koefisien korelasi 0,419 kekuatan hubungan sedang. Hasil penelitian menunjukkan adanmya perawat yang kurang empathy, kurang ceria, dan tidak peka, serta pasien yang tidak puas pada indikator responssivenes dan empathy. Kesimpulan : Pentingnya penerapan perilaku caring dalam asuhan keperawatan yang akan mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Maka, seorang perawat diharapkan mampu menerapkan perilaku caring dalam pemberian asuhan keperawatan sehingga mampu meningkatkan kepuasan pasien.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Sarjana > Keperawatan
Depositing User: Ayu Apsari
Date Deposited: 02 Oct 2023 06:50
Last Modified: 02 Oct 2023 07:18
URI: http://repository.stikeswiramedika.ac.id/id/eprint/590

Actions (login required)

View Item View Item