Gambaran Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Enam Langkah Mencuci Tangan Memakai Sabun Di SD Negeri 1 Kelusa, Payangan

Cintya Dewi, Ni Putu and Intan Saraswati, Ni Luh Gede (2023) Gambaran Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Enam Langkah Mencuci Tangan Memakai Sabun Di SD Negeri 1 Kelusa, Payangan. Bachelor (S1) thesis, STIKes Wira Medika Bali.

[img] Text (Gambaran Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Enam Langkah Mencuci Tangan Memakai Sabun Di SD Negeri 1 Kelusa)
REVISI SKRIPSI CINTYA (FIKS 4).docx (new).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 17 July 2024.
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sekolah merupakan lingkungan pendidikan, pembudayaan, dan pemerdayaan yang strategi bagi proses pendidikan dan kesehatan dalam lingkungan sekolah. Pendidikan kesehatan lingkungan sekolah dimulai dari sejak sekolah khusunya sekolah dasar. Perilaku kesehatan anak usia sekolah dasar biasanya berkaitan dengan kebersihan, oleh sebab itu sekolah berperan sangat penting dalam pelaksanaan penerapan kesehatan lingkungan. Saat sekolah anak tidak hanya belajar, tetapi banyak kegiatan lain seperti bermain, bersentuhan ataupun bertukar tukar barang. Kebiasaan anak dalam mencuci tangan pakai sabun hingga kini masih tergolong rendah kuman yang ada dimanapun, mencuci tangan merupakan salah satu cara untuk menghilangkan kuman dan untuk menghindari penularan penyakit. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui Gambaran Tingkat Pengetahuan Siswa mengenai Enam Langkah Mencuci Tangan Memakai Sabun. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berjenis deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional menggunakan tehnik total sampling dengan lembar observasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa berjumlah 132 anak. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, karakteristik subjek penelitian yang didapatkan adalah dominan responden berusia 12 tahun sebanyak 50 anak (37,9%), dominan responden berjenis kelamin laki-laki sebanyak 69 anak (52,3 dominan responden memiliki pengetahuan yang kurang sebanyak 77 anak (58,3%), responden memiliki pengetahuan cukup sebanyak 15 (11,7), serta memiliki pengetahuan yang baik sebanyak 55 anak (41,7%). Disarankan kepada peneliti selanjutnya agar mengevaluasi serta mereview hasil dari penelitian ini sehingga ketika melakukan penelitian dengan topik yang sama peneliti selanjutnya bisa menambahkan variabel lainya serta menggunakan metode yang berbeda.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Anak, Cuci Tangan, Pengetahuan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 27 Sep 2023 03:13
Last Modified: 27 Sep 2023 03:13
URI: http://repository.stikeswiramedika.ac.id/id/eprint/562

Actions (login required)

View Item View Item