Hubungan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar Di SD N 2 Petiga

Wulandari, Putu Diah (2022) Hubungan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar Di SD N 2 Petiga. Bachelor (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN WIRA MEDIKA BALI.

[img] Text
AWAL.docx

Download (219kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (223kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (66kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (14kB)
[img] Text (Cover)
DAFTAR PUSTAKA.docx - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (22kB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI SD N 2 PETIGA Putu Diah Wulandari1, Niken Ayu Merna Eka Sari2, Ni Luh Gede Intan Saraswati3 STIKes Wira Medika Bali Salah satu indikator keberhasilan dalam pendidikan adalah prestasi belajar siswa-siswa dalam kategori baik, misalnya saja prestasi belajar dalam bentuk kognitif. Anak usia sekolah ialah salah satu golongan usia yang sangat memerlukan perhatian khusus pada status kesehatan dan konsumsi zat gizi yang seimbang. Status gizi baik dapat terjadi apabila tubuh memperoleh cukup zat-zat gizi yang digunakan secara efisien, sehingga memungkinkan pertumbuhan fisik, perkembangan otak, kemampuan kerja mencapai tingkat kesehatan optimal. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Pada Anak Usia Sekolah Dasar di SD N 2 Petiga. Desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 80 responden dengan menggunakan teknik total sampling dengan pendekatan Cross Sectional. Data dikumpulkan dengan cara mengukur tinggi dan berat badan responden dan mengumpulkan hasil belajar responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan program SPSS dengan menggunakan deskripsi statistic. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar siswa mempunya status gizi baik 43,8% (35 responden) dan sebagian besar prestasi belajar siswa dalam rentang baik 53,8% (43 anak). Kondisi status gizi berhubungan erat dengan prestasi belajar, semakin baik status gizi subjek maka semakin baik pula indeks prestasinya. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Status Gizi

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Status Gizi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Sarjana > Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with username 183212862
Date Deposited: 06 Apr 2023 03:15
Last Modified: 06 Apr 2023 03:15
URI: http://repository.stikeswiramedika.ac.id/id/eprint/328

Actions (login required)

View Item View Item